Skip to content

 “Buku Ekonomi Dan Keuangan Syariah, Isu Isu Kontemporer”

Klikbmi.com, Tangerang – Tidak banyak buku ekonomi Islam yang dapat menyajikan analisis ekonomi dengan persfektif syariah atas isu isu kontemporer yang muncul di masyarakat saat ini. Bahkan lebih jarang lagi ada buku ekonomi Islam yang dapat menyuguhkan analisis kritis sekaligus memberikan optimisme. Buku yang bertajuk , Ekonomi dan Keuangan Syariah , isu isu kontemporer, telah mengisi kekosongan “celah” atas kondisi tersebut dan menyajikan sesuatu pemahaman yang mumpuni, atas perkembangan aktualitas ekonomi islam.

H. Hendri Tanjung, Ph.D, sang penulis buku, merupakan seorang pakar ekonomi syariah yang sudah menulis 35 buku yang aktual dan relevan dengan perkembangan ekonomi syariah . Pria kelahiran Pematang Siantar, 49 tahun yang lalu ini memiliki sejumlah reputasi hebat yang tidak diragukan lagi. Alumnus IPB dan Universitas Ibnu Khaldun Bogor ini, mendapatkan Gelar Doktor Phylosophi Ekonomi Islam dari IIU, Islamabad Pakistan. Dengan bekal pengetahuan dan keahliannya, Hendri Tanjung berusaha menjelaskan dan menggambarkan isu isu kontemporer pada rentang waktu Januari 2018 hingga Januari 2020 terkait ekonomi dan keuangan syariah dan mengemukakan beberapa insight dan solusinya.” Tulisan ini merupakan rekam jejak perkembangan ekonomi syariah dalam dua tahun terakhir. Tulisan ini adalah kumpulan dari tulisan saya yang telah dimuat di berbagai koran dan majalah nasional pada rentang waktu dua tahun ke belakang hingga Januari 2020, ” ujar Hendri Tanjung.

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dalam kata pengantarnya di buku ini, mengatakan bahwa buku yang ditulis oleh H.Hendri Tanjung, Ph.D, ini menjadi salah sumber referensi, inspirasi dan persfektif baru dalam penerapan prinsip prinsip syariah dalam perekonomian Indonesia untuk mewujudkan visi Indonesia Maju dan sejahtera, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.

Lebih lanjut pakar ekonomi Islam, Adiwarman A. Karim mengatakan bahwa kehausan masyarakat untuk mendapatkan pencerahan dalam memahami berbagai permasalahan yang berkembang, bisa terjawab dengan hadirnya buku ini. Analisa yang tajam dan khas dari seorang ekonom sekelas H.Hendri Tanjung, Ph.D., mampu membingkainya dengan cara pandang yang akrab dicermati oleh akar rumput dan mudah dipahami karena gaya baru penulisannya yang ringan dalam pemahaman pembaca.

Keterlibatan H. Hendri Tanjung, Ph.D., dalam berbagai kegiatan dan lembaga ekonomi syariah membuat peran dan pemikirannya begitu sentral untuk perkembangan ekonomi Islam. Selain sebagai Wakil Direktur Pasca Sarjana di Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Ustadz Hendri, panggilan akrabnya, mengajar juga di jenjang Pasca Sarjana di beberapa Universitas ternama seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Trisakti, UIN Sumatera Utara, STIE Tazkia Bogor, dan bahkan di Al Zuhri College Singapura. Selain itu Hendri Tanjung juga merupakan anggota Badan Wakaf Indonesia dan Ketua Pengawas Syariah, Kopsyah BMI di Tangerang yang begitu populer dengan Model BMI Syariah nya, yang digagas oleh Presdir Kopsyah BMI, Kamaruddin Batubara. Kopsyah BMI yang dikomandani oleh Kamaruddin Batubara ini berhasil menerapkan Model BMI Syariah yang memadukan unsur simpan pinjam dan pembiayaan syariah dengan pemberdayaan dan menjadi Benchmark koperasi lainnya di Indonesia. Dengan keseharian dan komunikasi yang intens bersama Kamaruddin Batubara yang dianggap oleh Hendri Tanjung, Ph.D sebagai, pemikir dan pejuang ekonomi syariah, itulah salah satu yang menambah khazanah keilmuan Ustadz Hendri Tanjung semakin lengkap karena perpaduan teori dan praktik yang mumpuni.

Terakhir, buku yang berjudul Ekonomi dan Keuangan Syariah, isu isu kontemporer ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi bagi pegiat ekonomi dan keuangan syariah karena didalamnya merefleksikan secara gamblang kondisi faktual dan terkini dari perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Dan dalam paparannya , Hendri Tanjung selalu memunculkan insight apa yang bisa diambil dan disimpulkan hingga akhirnya ditemukan solusi yang relevan dan menjadi sumber inspirasi bagi semua pembacanya.

Sumber : https://klikbmi.com/hendri-tanjung-ph-d-buku-ekonomi-dan-keuangan-syariah-isu-isu-kontemporer-sudah-terbit/

Categories

wawasan

Hendri Tanjung View All

Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: