Skip to content

Sekretaris Prodi MEI Pascasarjana UIKA mendapat Penghargaan Peneliti Terbaik

Hasil Penelitian Hendri Tanjung mendapat penghargaan sebagai Juara pertama untuk kategori Peneliti Madya dalam Forum riset Perbankan Syariah V di Universitas Muslim Indonesia di Makassar, juni 2012 dengan judul penelitian “Apakah Bank Syariah Membuat Ekonomi Stabil?  Suatu Pendekatan Teori dan Model Matematika serta Implikasinya”.  Dalam penelitian ini, Hendri memasukkan 3 pilar ekonomi Islam yang disebutkan dalam Qs Al-baqarah 275-277, yaitu : Sektor Riil (jual Beli), Lembaga Keuangan bebas Riba, dan Zakat ke dalam 4 pasar, yaitu Labor market, Capital market, Money market dan Goods market.  Ternyata, kestabilan baik secara statis juga dinamis melalui pendekatan calculus, diperoleh dengan memasukkan 3 pilar ekonomi Islam tsb ke dalam model.

Ketika seorang sahabat menanyakan, berapa lama Hendri meneliti hubungan bank syariah dengan kestabilan ekonomi, maka dijawab: 30 tahun.  Sang sahabat heran, kenapa bisa demikian?  Hendri menjelaskan karena yang ditelitinya adalah lanjutan perjalanan penelitian yang dimulai dari Waqar Masood Khan (1985) dengan disertasinya Interest Free Economy di Amerika, sampai sekarang. Puluhan hasil pemikiran peneliti sebelumnya, digunakannya untuk menghasilkan satu penelitian baru.   Ini adalah ajaran dan nasehat dari professornya yang membimbing disertasi doktornya di Islamabad.  Sang Professor yang lulusan MIT (Massasuschet Institute of Technology) Amerika menasehati Hendri agar tidak membuat riset yang dimulai dari nol.  Karena kita tidak akan pernah sampai ke tujuan.  Perjalanan riset ekonomi konvensional sudah ratusan tahun, karena mereka melanjutkan apa yang sudah orang teliti sebelumnya.  Kalau ekonom Muslim sibuk dengan membuat riset sendiri, dan itu dimulai dari nol, maka tidak akan jelas terlihat teori ekonomi Islam itu, dan setiap peneliti akan merasa benar sendiri.  Dengan meneruskan apa yang sudah diteliti orang lain, maka secara tidak langsung, kita membenarkan apa yang sudah diteliti tersebut.  Inilah pelajaran dan nasehat berharga dari sang professor yang diamalkan hendri dalam kegiatan penelitiannya.

Saat ini Hendri mengajar mata kuliah Ekonomi Makro Islami, Ekonomi Mikro Islami, Metode Penelitian, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah serta Manajemen Syariah, dan menduduki jabatan sebagai sekretaris Program Studi Ekonomi Islam di pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor.

sumber : https://mesy.uika-bogor.ac.id/2012/07/sekretaris-prodi-mei-pascasarjana-uika-mendapat-penghargaan-peneliti-terbaik/

Categories

Liputan

Hendri Tanjung View All

Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: